Perbandingan Indonesia Masa Lalu dan Masa Kini

Perbandingan Indonesia Masa Lalu dan Masa Kini

Perbandingan Indonesia Masa Lalu dan Masa Kini – Indonesia memiliki berbagai macam perbedaan yang cukup signifikan. Bayangkan jika sampai saat ini Indonesia masih merupakan negara jajahan yang berlum merdeka. Indonesia juga pada saat ini sudah banyak membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan negara yang bebas tanpa adanya ikatan. Indonesia juga sudah berhasil  berkembang dengan sangat cepat memanfaatkan segala peninggalan yang ada. Uniknya  Indonesia menjadikan penjajahan di Indonesia sebuah pelajaran yang sangat berharga apabila kita tidak di jajah oleh bangsa Barat mungkin akan sulit bagi kita menjadi sebuah negara yang berkembang.

Jangan lupa kunjungi artikel lainnya di themichigancatholic

Kondisi Indonesia Masa Penjajahan

Perbandingan Indonesia Masa Lalu dan Masa Kini

Indonesia yang dijajah merupakan negara yang sangat lemah, memperjuangkan kemerdekaan hanya dengan perlawanan daerah – daerah. Perpecahan seperti ini yang membuat bangsa barat yang sudah bersatu mudah untuk menguasai Indonesia yang masih terpecah belah. Kondisi ini membuat Indonesia menjadi negara yang sangat terpuruk dan sering menjadi budak bagi orang asing. Pihak sekutu yang secara terus – menerus merampas hasil bumi, jika orang Indonesia menginginkan nya maka mereka harus membayar harga yang lebih mahal.  Pada saat penjajahan juga mereka tidak memperbolehkan pihak Indonesia untuk berkomentar secara bebas. Jika berbicara secara memprovokasi maka tentara Belanda akan segera menangkap dan memberikan hukuman. Jika ada terjadi tindak pidana maka pihak Belanda akan langsung menghakimi pada saat itu juga.

Kondisi Indonesia Masa Sekarang

Perbandingan Indonesia Masa Lalu dan Masa Kini

Perbudakan sudah tidak ada, namun ada nya batas kekuasaan yang ada antara atasan dan bawahan. Maksud dari batas kekuasaan ini adalah semakin anda memiliki banyak uang, maka kekuasaan anda tidak terbatas di negara ini. Hasil bumi lebih banyak sebagai produk ekspor contohnya kopi, teh, biji kakao, dan rempah lainnya. Indonesia yang sekarang memiliki politik bebas aktif dan juga menganut sistem demokrasi. Dalam sistem ini masyarakat bebas untuk memilih dan berpendapat. Saat ini Indonesia merupakan negara dengan hukum yang ketat, bila ada tindak pidana maka akan segera menuju pengadilan untuk menentukan kesalahan dan hukuman yang setimpal. Tidak seperti dahulu yang langsung asal main hakim sendiri. Indonesia pasca kemerdekaan merupakan negara yang terstruktur dan memiliki hukum yang jelas.

sumber : themichigancatholic