Persaingan Indonesia Dengan Negara di Dunia

Persaingan Indonesia Dengan Negara di Dunia

Persaingan Indonesia Dengan Negara di Dunia – Perdagangan Internasional merupakan hal yang sangat berdampak baik bagi keberlangsungan suatu negara. Aktifitas ekspor dan impor merupakan hal yang sangat memberikan keuntungan bagi suatu negara. Salah satu negara yang merasakan dari keuntungan aktifitas ekspor dan impor adalah Indonesia. Indonesia terkenal akan ekspor biji kakao yang sampai ke seluruh penjuru dunia, selain mendapat keuntungan dari kegiatan ekspor. Banyak dari negara asing yang menargetkan Indonesia sebagai pesaing dalam kegiatan ekspor dan impor. Melalui kegiatan ekspor dan impor ini tentunya pemerintah Indonesia sudah menyiapkan strategi untuk bersaing dengan banyak negara.

Persaingan Indonesia Dengan Negara di Dunia

Strategi Pemerintah Melawan Persaingan Dengan Negara Lain

Dengan sistem pasar bebas masyarakat ekonomi Asean  yang sudah berjalan pemerintah memiliki  cara tersendiri untuk menghadapi permasalahan ini. Pemerintah juga sudah menyiapkan beragam produk dan jasa yang siap untuk bersaing di pasaran bebas. Kemenperin Harris Munandar mengatakan ada lima kunci dalam persaingan yang dapat mengungguli negara lain.

Subtitusi

Kunci yang pertama dari persaingan dengan negara asing ialah subtitusi bahan baku. Dengan menggunakan bahan baku lokal asli buatan Indonesia akan menekan biaya yang lebih murah bila kita sandingkan dengan bahan – bahan impor dalam membuat suatu produk. Dalam keperluan industri sangat penting untuk menekan biaya serendah mungkin demi meraup keuntungan yang maksimal.

Logistik

Peningkatan kemampuan logistik sangatlah penting karena akan berpengaruh dalam efektifitas waktu. Serta wajib juga memperhatikan ongkos distribusi, jika bisa Harris menyampaikan sekali pengiriman kalau bisa agar mencakup  beberapa daerah sekaligus. Bersyukurnya kita sudah siap karena beberapa jalan ke daerah yang susah untuk kita gapai sudah memiliki akses jalanan.

Kredit Perbankan

Kredit perbankan merupkan salah satu dari roda penggerak yang ada pada sebuah roda ekonomi. Dengan melakukan kredit perbankan roda ekonomi akan mulai bergerak secara perlahan memutar. Bank memiliki peran yang sangat penting untuk menopang pembangunan ekonomi nasional. Sebagai lembaga jasa keuangan, salah satu peran nyata bank yaitu dalam menyalurkan dana kepada masyarakat. Sektor yang satu ini menjadi faktor penentu bagi keberlangsungan ekonomi negara.

Pekerja

Para pekerja seharusnya apabila sudah berjalan sesuai dengan langkah kunci satu sampai ketiga. Seharusnya para pekerja sudah mulai berhenti untuk melakukan aksi masa menuntut kenaikan gaji. Karena seharusnya dengan meningkatnya perusahaan maka jenjang karir pun akan meningkat.

Tenaga Lokal

Sebagai persiapan untuk penekanan biaya yang serendah – rendahnya, sebaiknya kita juga melihat bagaimana pekerja yang ada apabila anda terus mengenakan tenaga asing maka biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal. Lebih murah untuk mengenakan tenaga orang lokal. Karena penilaian standarisasi orang lokal lebih murah ketimbang orang asing.

Persaingan Indonesia Dengan Negara di Duniasumber : themichigancatholic