Situasi dan Peristiwa Indonesia Pasca Kemerdekaan

Situasi dan Peristiwa Indonesia Pasca Kemerdekaan

Situasi dan Peristiwa Indonesia Pasca Kemerdekaan – Indonesia merdeka pada 19 Agustus 1945, kemerdekaan tidak seperti yang anda bayangkan. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia masih saja menerima banyak campur tangan asing dari pihak sekutu usai lepas dari Jepang. Terutama Bangsa Belanda mereka sangat ingin kembali menguasai negara Indonesia. Tidak dengan cara kekerasan namun Belanda ingin menguasai Indonesia secara kenegaraan. Indonesia yang tidak senang pada masa tersebut karena adanya campur tangan asing dengan segera membentuk badan pertahanan negara serta memajukan Bangsanya dari berbagai macam bidang. 

Situasi dan Peristiwa Indonesia Pasca Kemerdekaan
Sumber : themichigancatholic

Situasi Pasca Kemerdekaan di Indonesia

Proklamasi kemerdekaan merupakan langkah awal dari berdirinya negara Republik Indonesia. Karena terburu – buru memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada saat itu masih belum stabil dan mengalammi banyak permasalahan, selain tekanan dari militer Belanda ada juga permasalahan dari berbagai bidang. Berikut kondisi berbagai bidang pasca kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga artikel lainnya di themichigancatholic

Bidang Ekonomi

Pada bidang ekonomi Indonesia cukup goyang karena tidak jelasnya mata uang yang beredar pada saat itu. Ada mata uang Jepang, Belanda, dan Hindia Belanda. Kas negara yang kosong membuat negara menjadi kesulitan dalam masalah keuangan. Setelah menyadari akan hal tersebut dengan cepat pemerintah RI menasionalisasikan De Javasche Bank juga mengambil alih perkebunan milik swasta dan asing sebagai kas dari negara. Indonesia saat itu meminta pertolongan kepada Amerika Serikat, namun sayangnyahal tersebut berujung sia- sia karena Belanda melakukan penutupan akses ekspor dan impor. 

Situasi dan Peristiwa Indonesia Pasca Kemerdekaan

Bidang Politik

Kondisi yang begitu tergesa- gesa membuat Indonesia belum memiliki struktur organisasi yang kuat. Dengan segera pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengadakan sidang darurat pertama yang membahas tentang presiden pertama beserta jajaran kabinetnya. Dalam rapat pertama mereka menetapkan untuk menjadikan Soekarno dan Hatta sebagai presiden dan wakilnya yang pertama di Indonesia. Lalu mereka juga menetapkan RI menjadi 8 provinsi dan para gubernurnya.  Tidak hanya membentuk pemerintahan yang terstruktur Indonesia juga menetapkan badan keamanan rakyat atau bidang militer. Sayangnya karena pemerintahan yang masih kacau pembangunan dan jalannya pemerintahan menjadi terhambat tidak sesuai rencana. 

Bidang Sosial dan Budaya 

Situasi dan Peristiwa Indonesia Pasca Kemerdekaan

Pada jaman kolonialisme sebelumnya di Indonesia mengenal sistem rasial. Sistem rasial ini adalah sistem yang membatasi hak dan kewajiban seseorang. Biasanya yang memegang kasta tertinggi adalah para bangsawan yang berasal dari Belanda dan Jepang. Rakyat asli Indonesia yang merupakan pribumi hanyalah menikmati hak sebagai budak dan tidak memiliki kesetaraan. Setelah kemerdekaan sistem ini dicabut dan dihapuskan dari Indonesia, sehingga seluruh orang mendapatkan hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara Indonesia. 

Bidang Pendidikan 

Sekolah pada masa itu masih menggunakan kurikulum bangsa barat, dengan tujuan utama mereka Gold, Glory, and Gospel. Takut akan terpengaruh dengan budaya barat para petinggi tokoh muslim mendirikan lembaga dengan pendidikan berstandarkan Islam. Dari sekolah inilah lahir para tokoh muslim yang berpengaruh terhadap bangsa.